Sesi terakhir Konferensi Surabaya for Jesus 2011

Posted: April 30, 2011 in Event
Tags: , , , , , , , ,

Sesi terakhir Konferensi Surabaya for Jesus dimulai dengan sebuah kesaksian yang dibawakan oleh Choky Sitohang, seorang host dan presenter TV. Tiga tahun sebagai jurnalis televisi dan setelah mengalami mukjizat karena disembuhkan secara ajaib oleh Tuhan Yesus dari sakit hepatitis A/ liver, Choky Sitohang yang menyadari bahwa dirinya memiliki talenta public speaking memasuki dunia entertainmant sebagai pembawa acara dan membawakan acara life style, olah raga, dan lain-lain.

“Promosi datangnya dari Tuhan.” Demikian kata Choky saat mengawali kesaksiannya. Saat karir Choky Sitohang sebagai presenter semakin menanjak, mulai ada tawaran untuk membawakan acara rohani di layar kaca. Choky sempat menghindar dari tawaran tersebut dengan alasan ragu apakah tawaran tersebut bisa membuatnya semakin menanjak. Akhirnya, Choky membawakan acara rohani tersebut untuk semakin memuliakan nama Tuhan selama dua tahun. Tawaran tersebut dikhawatirkan akan membuat karirnya semakin turun, namun ternyata Tuhan semakin membawa karir Choky semakin menanjak. Pesannya adalah jangan takut melayani Tuhan di manapun, sebab Dia adalah gembala yang baik. Menutup kesaksiannya, Choky menyanyikan sebuah pujian berjudul “You are the Sheperd of my soul”

Seusai kesaksian Choky Sitohang, Ps. Philip Mantofa menyampaikan Firman Tuhan yang diambil dari nats Perjanjian Lama dalam Zak. 4:6-14 sebagai berikut:
1. Maka berbicaralah ia, katanya: “Inilah firman TUHAN kepada Zerubabel bunyinya: Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku, firman TUHAN semesta alam.
Adakalanya bila kita sudah melayani Tuhan, kita merasa bahwa kita sudah mengenal pribadi Roh Kudus. Namun, semakin kita melayani-Nya, adakalanya kita belum mengenal siapa Dia sebenarnya. Sama seperti Petrus yang merasa sudah lebih tahu tentang perikanan karena dia adalah nelayan sehingga pada suatu ketika Yesus menyuruhnya menebarkan jala dan mengangkat banyak ikan, Petrus langsung merasa selama ini pengetahuannya tentang ikan tidak ada apa-apanya. Petrus berkata pada Yesus, “Tuhan, pergilah dari padaku, karena aku ini seorang berdosa.” (Lukas 5:8).

Perkataan Petrus kepada Tuhan Yesus diilustrasikan oleh Ps. Philip bersama Choky di atas panggung untuk menjelaskan pemaparan Firman Tuhan.

2. Siapakah engkau, gunung yang besar? Di depan Zerubabel engkau menjadi tanah rata. Ia akan mengangkat batu utama, sedang orang bersorak: Bagus! Bagus sekali batu itu!” Kemudian datanglah firman TUHAN kepadaku, demikian:”Tangan Zerubabel telah meletakkan dasar Rumah ini, dan tangannya juga akan menyelesaikannya. Maka kamu akan mengetahui, bahwa TUHAN semesta alam yang mengutus aku kepadamu.
Sebab siapa yang memandang hina hari peristiwa-peristiwa yang kecil, mereka akan bersukaria melihat batu pilihan di tangan Zerubabel.

Jangan remehkan perkara-perkara kecil yang dilakukan Tuhan dalam hidup kita karena saat kita menanggapinya, Tuhan akan memperlebar kapasitas kita. Lebih baik dipandang kecil oleh dunia namun dipakai besar oleh Tuhan, daripada dipandang besar oleh dunia namun dipandang kecil oleh Tuhan.

3. Yang tujuh ini adalah mata TUHAN, yang menjelajah seluruh bumi.” Lalu berbicaralah aku kepadanya: “Apakah arti kedua pohon zaitun yang di sebelah kanan dan di sebelah kiri kandil ini?”
Kandil melambangkan Roh Kudus dan kandil terbuat dari emas.

4. Untuk kedua kalinya berbicaralah aku kepadanya: “Apakah arti kedua dahan pohon zaitun yang di samping kedua pipa emas yang menyalurkan cairan emas dari atasnya itu?” Ia menjawab aku: “Tidakkah engkau tahu, apa arti semuanya ini?” Jawabku: “Tidak, tuanku!” Lalu ia berkata: “Inilah kedua orang yang diurapi yang berdiri di dekat Tuhan seluruh bumi!”
Menorah/ tujuh kaki dian tersebut di sebelah kiri dan kanannya terdapat pohon zaitun dan terus-menerus selalu menetes cairan emas. Dua pohon zaitun bukan bicara tentang jumlahnya, namun menggambarkan orang-orang yang dekat dengan Roh Kudus, intim dengan Roh Kudus; the place of intimacy. Kedua pohon zaitun tersebut menerima cairan emas dari kandil, yaitu lelehan dari menorah. Jangan hanya inginkan pengurapan Roh Kudus, tapi inginkan pribadi Roh Kudus meleleh dalam hidup kita! Jangan inginkan Roh Kudus mengurapi visimu, tapi inginkan visi Roh Kudus meleleh dalam hidupmu! Bila kita intim dengan Roh Kudus, kita akan dipercayakan segala hal oleh-Nya! Dia mencurahkan segenap keberadaan-Nya sebagai Allah kepada orang-orang yang intim dengan-Nya!

Seusai menyampaikan Firman Tuhan, Ps. Philip mendoakan segenap hamba-hamba Tuhan, baik yang melayani di GMS maupun dari gereja-gereja delegasi luar negri. Acara konferensi ditutup dengan menaikkan pujian sebagai theme song acara ini “People of Passion” secara antusias dan menghamburkan balon-balon di udara. Konferensi selesai, namun pekerjaan Tuhan belum selesai! Kebangunan rohani akan meluas ke seluruh penjuru kota di Indonesia. Surabaya for Jesus! Indonesia for Jesus!

Posted with WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s