Konversi Colokan Listrik di Luar Negri

Posted: July 3, 2011 in Sundries
Tags: , , , , , , , , , , , ,

Saat kita hendak mengadakan perjalanan ke luar negri, tentunya banyak hal yang perlu kita persiapkan seperti dokumen-dokumen penting seperti paspor maupun visa untuk bisa memasuki negara tersebut, uang saku secukupnya sesuai dengan mata uang yang berlaku, pakaian sesuai dengan kondisi cuaca, kamera digital, alat telekomunikasi, dan… yang tidak kalah pentingnya namun seringkali terlewatkan adalah konversi colokan listrik. Ya, setiap negara memiliki model colokan listriknya masing-masing yang belum tentu sama dengan yang Anda gunakan saat ini. Tanpa alat khusus untuk menyelaraskan colokan listrik di luar negri, kemungkinan besar kita tidak akan dapat men-charge handphone, kamera digital, laptop, handycam ataupun peralatan elektronik lainnya yang kita bawa. Solusi mudahnya saat kita bepergian ke luar negri, apalagi apabila Anda melakukannya lintas benua, Anda perlu untuk memiliki international adaptor – sebuah alat yang dirancang khusus agar dapat menyelaraskan colokan listrik yang digunakan di berbagai benua.

Anda dapat memperoleh alat semacam ini di toko perlengkapan rumah tangga dan kelistrikan, contohnya seperti di ACE hardware dengan harga berkisar Rp. 50ribuan hingga Rp. 150ribuan (tahun 2011) tergantung merk. International adaptor ini multifungsi, di satu sisi Anda dapat memasukkan jenis colokan listrik sesuai model tertentu dari negara manapun, dan di sisi yang lain dapat anda setel sesuai kebutuhan, dan ketika Anda geser tombol untuk konversi ke model USA misalnya, maka konversi ke model UK (United Kingdom), Europe, dan Australia akan terkunci (beberapa merk yang cukup berkualitas memiliki fasilitas kunci ini).

Nah, berikut ini kegunaan international adaptor menurut colokan listrik di beberapa negara:

Gambar di atas menunjukkan setting international adaptor untuk mengkonversi colokan listrik agar dapat digunakan di Amerika.

Gambar di atas menunjukkan setting international adaptor untuk mengkonversi colokan listrik agar dapat digunakan di negara-negara UK (United Kingdom) seperti Inggris, Wales, Skotlandia dan di negara-negara ex-jajahan Inggris seperti Singapura.

Gambar di atas menunjukkan setting international adaptor untuk mengkonversi colokan listrik agar dapat digunakan di Eropa – modelnya sama persis seperti yang kita gunakan di Indonesia.

Gambar di atas menunjukkan setting international adaptor untuk mengkonversi colokan listrik agar dapat digunakan di Australia. Bentuknya hampir sama dengan model colokan listrik yang digunakan di USA, namun kedua ujungnya agak miring.

Saya berharap, melalui tulisan ini saya dapat berbagi pengalaman; yang walaupun rasanya sepele namun paling tidak dapat memudahkan Anda ketika hendak melakukan perjalanan ke luar negri. Selamat menikmati perjalanan Anda ke luar negri!

Posted with WordPress for BlackBerry.

Anda merasa posting di atas cukup bermanfaat bagi Anda? Harap meninggalkan komentar… Terima kasih.

Comments
  1. Diana says:

    informatif n berguna bener, thx y…

    Like

  2. mumu says:

    makasih postingannya bermanfaat

    Like

  3. Kalau boleh tau beli di Krisbow mana ya? Nama alatnya apa?
    Saya mau ke AS, bawa charger laptop, HP, kamera yg colokannya model Eropa. Apa bisa masuk ke alatnya Krisbow tsb (untuk kemudian di-select extension steker model AS)?

    Terima kasih sebelumnya

    Like

    • Robert Ts says:

      Beli alat tersebut di toko alat-alat listrik atau toko perlengkapan rumah tangga (misal: ACE Hardware). Sebut saja universal adaptor untuk konversi colokan listrik di luar negri. Pastinya, model colokan apapun bisa dimasukkan ke alat tersebut lalu dikonversi ke colokan sesuai dengan yang digunakan oleh negara yang bersangkutan.

      Like

  4. Nanang says:

    Belinya di mana dong? Minta alamatnya. Saya mau ke Prancis, gimana model colokannya??

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s