Jangan Berhenti Belajar

Posted: July 30, 2011 in Daily Devotion
Tags: , , ,

Kita terlahir di dunia ini dalam keadaan yang terbatas atau kurang, sehingga dalam hidup ini kita selalu perlu diperlengkapi. Begitu lahir di dunia, harus segera diberi pakaian karena terlahir sebagai bayi dalam kondisi telanjang. Seiring bertumbuhnya usia, seorang anak tidak langsung bisa memiliki kemampuan untuk berbicara, membaca ataupun menulis, perlu orang lain untuk mengajarinya. Tidak seorang pun di dunia lahir dalam kondisi langsung pintar, cerdas, kaya, maupun menguasai banyak hal. Dibutuhkan pembelajaran untuk dapat menimba ilmu, pengetahuan, mengembangkan bakat, potensi, keahlian, maupun keterampilan yang dimiliki oleh seseorang agar dapat melakukan sesuatu.

Untuk meraih cita-cita dan masa depan, kita harus banyak belajar dalam mengembangkan diri kita: potensi, kemampuan, daya pikir, imajinasi, keterampilan, dan lain-lain. Kemampuan apapun yang kita miliki tidak akan pernah otomatis menjadi lebih baik apabila kita tidak pernah belajar dan berlatih.
Dalam kehidupan ini, kita ditempa untuk terus belajar dan belajar, bukan hanya belajar di bangku sekolah, namun belajar mengatasi setiap kesulitan-kesulian hidup yang pasti dihadapi oleh semua orang. Kita harus belajar dengan tekun dalam mengatasi segala tantangan hidup ini, karena melalui “ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun.” (Yakobus 1:4).

Inilah yang menjadi kehendak Tuhan bagi hidup kita, saat kita ditempa melalui kesulitan-kesulitan hidup, semata-mata agar kita terus belajar dengan tekun, karena ketekunan menghasilkan buah yang matang – dalam bahasa Yunaninya: teleios ergon – atau hasil karya yang terbaik/ sempurna. Suatu saat kita akan menghadap kepada Tuhan untuk mempertanggungjawabkan kehidupan kita selama di dunia. Pastikan bahwa kita menuju ke sorga sebagai ‘hasil karya terbaik’ karena telah ditempa dalam ketekunan saat menghadapi kehidupan ini.

Jangan berhenti belajar, karena orang yang berhenti belajar akan banyak mengalami kekurangan dalam hidupnya, kembangkan potensi yang Anda miliki dalam ketekunan!

Selamat menjalani hari yang luar biasa!

Posted with WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s