PENGAMPUNAN

Posted: August 3, 2011 in Daily Devotion
Tags: , , , , , , ,

Saya ada menjadi seperti apa saya hari ini bermula ketika saya mengalami sebuah peristiwa yang paling spektakuler yang pernah saya alami dalam sepanjang hidup saya. Pengalaman yang saya alami adalah “PENGAMPUNAN”. Pengampunan yang saya terima ini bukan dari orang kebanyakan atau manusia pada umumnya, namun pribadi yang memberi pengampunan inilah yang justru sangat berarti bagi hidup saya, Dialah Yesus Kristus Tuhan. Beranjak dari kehidupan masa lalu dan remaja yang sangat dipenuhi dengan kepahitan, kenakalan, bahkan pemberontakan dan kekerasan… membuat saya tidak bisa menghargai hidup dan tidak mau tahu menahu tentang masa depan. Pelampiasan akan hal ini membuat saya terjatuh dalam dosa dan mulai melakukan tindakan-tindakan yang bertentangan dengan Firman Tuhan, baik terhadap diri sendiri maupun orang lain. Diam-diam, perasaan bersalah di dalam hati inilah yang selalu mengintimidasi sehingga kehidupan masa lalu saya dipenuhi kegelisahan, rasa minder, dan tertutup.

Puji Tuhan, dalam sebuah acara retreat di akhir tahun 1999 saya dipulihkan ketika saya mengalami lawatan Tuhan… bicara tentang hal ini… it’s so real! Dulunya saya bukan orang yang percaya dengan hal-hal spiritual dan yang nge-roh bahkan sampai merasakan hadirat Tuhan. Tuhan itu nyata! DIA dapat kita rasakan! Bahkan, apa yang saya alami waktu itu untuk pertama kalinya saya baru benar-benar disadarkan kalau Tuhan itu ada. Dari kecil saya sudah sering ke gereja, tapi tanpa tahu kalau Tuhan itu benar-benar ada bahkan bisa sedekat itu dengan Dia… Saat saya mengalami Tuhan, hal pertama yang saya rasakan adalah… PENGAMPUNAN! Dalam hadirat-Nya, saya merasa sebagai orang yang sangat dipenuhi dosa, dan saya dapat merasakan bahwa Yesus sedang membersihkan dosa-dosa saya ketika Dia melawat saya… Pengampunan Tuhan membuat saya tidak lagi ingin berbuat dosa; pengalaman tersebut menjadikan saya jijik dengan dosa!

Pengampunan Tuhan merupakan awal pemulihan bagi hidup saya, sehingga saya yang semula banyak menyimpan dendam, benci dan kepahitan terhadap orang lain… akhirnya juga mampu mengampuni orang lain. Pengampunan yang saya terima dari Tuhan membuat saya menjadi pribadi yang mengampuni. Saya menyadari, bahwa tindakan untuk mengampuni orang lain juga merupakan bagian dari rencana-Nya saat Yesus mengampuni kita, seperti yang tertulis dalam Mat. 18:32-33 “Raja itu menyuruh memanggil orang itu dan berkata kepadanya: Hai hamba yang jahat, seluruh hutangmu telah kuhapuskan karena engkau memohonkannya kepadaku. Bukankah engkaupun harus mengasihani kawanmu seperti aku telah mengasihani engkau?”. Pengampunan Tuhan tidak berhenti untuk diri kita saja, kitapun hendaknya mengampuni orang-orang yang bersalah kepada kita. Tuhan mengampuni kita supaya kitapun mengampuni orang lain. Ingatlah pesan Yesus setelah Dia mengajarkan doa ‘Bapa Kami’: “Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu.” (Matius 6:14-15).

Tindakan mengampuni adalah sebuah keputusan, dan setelah Anda mengampuni seseorang, jangan diingat-ingat lagi peristiwa yang membuat hati Anda sakit. Memaafkan tanpa melupakan belumlah tindakan pengampunan yang seutuhnya. Ibarat membersihkan papan tulis dengan penghapus, demikian pula saat kita mengampuni seseorang, kita menghapuskan kesalahan orang tersebut dari hati kita.

Sudahkah Anda mengampuni orang-orang yang bersalah kepada Anda? Inilah saatnya! Lepaskan pengampunan bagi mereka dan doakan! Menyimpan kesalahan orang lain seperti menanggung sebuah beban yang begitu berat, ampunilah orang tersebut dan tanggalkan beban Anda!

Selamat menjalani hari yang luar biasa!

Posted with WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

