Be Different!

Posted: October 22, 2011 in Sermon
Tags: , , , , , , , , , , ,

Dalam kitab terakhir Perjanjian Lama, yaitu sebuah kitab yang ditulis oleh Maleakhi, terdapat peringatan yang ditujukan kepada bangsa Israel, karena mereka membandingkan hidup mereka dengan orang fasik. Maleakhi menuliskan, “Kamu berkata: “Adalah sia-sia beribadah kepada Allah. Apakah untungnya kita memelihara apa yang harus dilakukan terhadap-Nya dan berjalan dengan pakaian berkabung di hadapan TUHAN semesta alam? Oleh sebab itu kita ini menyebut berbahagia orang-orang yang gegabah: bukan saja mujur orang-orang yang berbuat fasik itu, tetapi dengan mencobai Allah pun, mereka luput juga.”” (Mal. 3:14-15). Orang Israel merasa kehidupan mereka apabila dibandingkan orang yang tidak mengenal Allah justru lebih berbahagia dan mujur kehidupan orang-orang yang tidak mengenal Tuhan ini. Sedangkan bangsa Israel begitu taat memelihara Firman Tuhan dan hidup dalam peraturan-Nya, namun hidup mereka justru menderita.

Namun, Maleakhi menegor bangsa Israel dengan menuliskan demikian, “Beginilah berbicara satu sama lain orang-orang yang takut akan TUHAN: “TUHAN memperhatikan dan mendengarnya; sebuah kitab peringatan ditulis di hadapan-Nya bagi orang-orang yang takut akan TUHAN dan bagi orang-orang yang menghormati nama-Nya.”” (ayat 16). Sebenarnya, di samping kitab kehidupan yang di dalamnya tercatat nama-nama orang yang diselamatkan karena telah menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, terdapat sebuah kitab yang bernama ‘kitab peringatan’ untuk mencatat perbuatan-perbuatan orang-orang yang takut akan TUHAN dan bagi orang-orang yang menghormati nama-Nya. Karena itu, jangan jemu-jemu untuk melakukan perbuatan-perbuatan di dalam kebenaran.

Lalu, Maleakhi mengingatkan kita akan janji Tuhan sebagai berikut: “Mereka akan menjadi milik kesayangan-Ku sendiri, firman TUHAN semesta alam, pada hari yang Kusiapkan. Aku akan mengasihani mereka sama seperti seseorang menyayangi anaknya yang melayani dia. Maka kamu akan melihat kembali perbedaan antara orang benar dan orang fasik, antara orang yang beribadah kepada Allah dan orang yang tidak beribadah kepada-Nya.” (ayat 17-18)

Sesungguhnya, terdapat perbedaan antara orang benar dengan orang fasik, antara orang yang beribadah kepada Allah dan orang yang tidak beribadah kepada-Nya. Namun, seringkali cara hidup kita tidak jauh berbeda dengan orang fasik maupun orang yang tidak menyembah Dia. Dalam Surat Rasul Paulus kepada jemaat di Roma 12:2a tertulis, “ Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu,…” atau dengan kata lain “Jadilah berbeda dengan dunia!”. Cara hidup kita, bagaimana kita memulai aktivitas harian kita, cara berpacaran, cara kita mengambil keputusan, cara kita membangun kehidupan rumah tangga, mendidik anak, dan lain-lain… sudahkah kita berbeda dengan cara orang yang tidak mengenal Tuhan? Perbedaan tersebut harus kita buat dengan sengaja, bukan mengikuti kebiasaan, gaya hidup maupun pengaruh lingkungan di sekitar kita yang belum tentu dilandaskan oleh kebenaran Firman Tuhan. Bagi Anda yang hidup dengan cara yang ‘disengaja’ untuk berbeda dengan dunia ini tentu saja akan menerima berkat yang berbeda dari Tuhan.

Berkat yang akan diterima orang benar – yang tentunya memiliki cara hidup yang berbeda dengan dunia – tertulis dalam Ulangan 28:13 sebagai berikut:
1. “TUHAN akan mengangkat engkau menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, …”
Ini merupakan janji ‘promosi’ dari Tuhan. Namun promosi datang disertai dengan bertambahnya tanggung jawab. Ketika dalam pekerjaan atau karir Anda seolah-olah atasan Anda sedang menambahi pekerjaan maupun kesibukan Anda dengan tanggung jawab yang lebih lagi… jangan berpikiran negatif dulu dan merasa ini merupakan sebuah tambahan ‘beban’ dalam hidup Anda. Pandanglah hal ini sebagai sebuah bentuk promosi. Tentunya, seorang atasan atau pimpinan tidak akan memmberikan tanggung jawab lebih kepada orang yang tidak ‘qualified’, bukan? Seiring bertambahnya tanggung jawab dalam hidup Anda, promosi dari Tuhan menyertai hidupmu!

2. “engkau akan tetap naik dan bukan turun, apabila engkau mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan pada hari ini kaulakukan dengan setia…”
Janji yang kedua merupakan berkat ‘peningkatan’ ada 3 hal yang meningkat dalam hidup kita apabila kita hidup secara berbeda dari dunia ini:
a. Peningkatan secara rohani
Kedekatan kita dengan Tuhan; keintiman dengan Tuhan Yesus dalam kehidupan rohani kita akan meningkat, tentunya disertai dengan meningkatnya komitmen kita untuk semakin sungguh-sungguh mencari wajah Tuhan, menyediakan waktu untuk lebih banyak berdoa, memuji dan menyembah Tuhan, serta menggali kebenaran Firman-Nya. Meningkat secara rohani membuat kita menjadi pribadi yang semakin dewasa secara rohani.
b. Peningkatan karakter
Seseorang yang dekat dengan Tuhan dan senantiasa mengalami kasih-Nya; saya percaya orang tersebut akan semakin mengalami perubahan dalam karakternya dan menjadi lebih baik. Orang yang semakin dewasa secara rohani akan tampak pula dari buah karakternya yang semakin matang dan berkenan kepada Tuhan.
c. Peningkatan berkat jasmani
Berkat jasmani meningkat dalam kehidupan kita bukan karena dipengaruhi faktor kerja keras, kerajinan, dan kepandaian kita semata. Namun, saat kita meningkat secara rohani sehingga mencapai kedewasaam rohani, maka Firman Tuhan akan digenapi: “Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia.” (I Kor. 2:9).

Mari, buatlah perbedaan cara hidup kita di dunia ini untuk semakin merepresentasikan Tuhan di atas muka bumi ini. Be different! Jadilah berbeda!

Posted with WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s