Cairo – Egypt

Posted: December 4, 2011 in Holy Land Tour
Tags: , , ,

– Mesir –

Kami mendarat di Kairo, Mesir pada hari Sabtu tanggal 19 November 2011 di malam harinya. Yang kami lakukan hanyalah menikmati makan malam sejenak lalu check-in di penginapan kami yaitu Hotel Grand Pyramids. Tentunya untuk mengatur perjalanan yang cukup jauh dari tanah air seperti ini tidak mungkin berlangsung tanpa didukung oleh orang-orang yang handal, profesional, dan berpengalaman di bidangnya. Rhema Tours mengatur jadwal kami sedemikian rupa sehingga kami dapat menikmati perjalanan ini dan dapat mengambil hikmahnya dari beberapa tempat yang kami kunjungi.

Keesokan harinya, di hari Minggu kami memulai perjalanan dengan mengunjungi situs sejarah Mesir di Giza yang menjadi salah satu dari 7 keajaiban di dunia zaman sebelum Masehi yaitu piramida. Piramida di Mesir ini dibangun dengan tujuan sebagai kuburan bagi Raja Mesir pada waktu itu. Di lokasi yang kami kunjungi, terdapat tiga piramida besar yang merupakan kuburan raja dari 3 generasi dan dibangun sekitar 3000 tahun lalu. Selanjutnya, kami juga menuju ke lokasi di mana terdapat patung sphinx – sebuah patung dengan kepala yang memiliki rupa manusia dan berbadan singa. Konon, patung ini dibangun guna menjaga makam para raja Mesir. Kepala manusia melambangkan kepandaian, sedangkan badan singa melambangkan kekuatan.

Kami melanjutkan perjalanan kami menuju ke Gereja Gantung. Oya, sebagai informasi… di negara ini tidak dikenal istilah agama Kristen, sehingga ibadah di gereja pada umumnya disebut beragama Koptik. Memasuki Gereja Gantung atau Hanging Church ini di bagian halaman terdapat pahatan-pahatan di dinding yang bernuansa Kristiani, lalu menuju ke sebuah tangga menuju ke ruang ibadah utama gereja tersebut. Pada mulanya, tempat ini merupakan bekas benteng Romawi dan mulai dibangun menjadi gereja pada akhir abad ke-3 hingga pertengahan abad ke-4. Pondasi gereja ini terdiri dari dua menara bekas benteng Romawi lalu di atasnya dibentangkan dua batang pohon kurma lalu didirikanlah bangunan gereja tersebut sehingga dikenal sebagai Gereja Gantung. Desain interior gereja ini dibangun dengan gaya Basilika.

Lalu, kami mengunjungi gereja Abu Sirga (Abu Serga Church), sebuah gereja yang didirikan untuk memperingati pengungsian Yesus di masa kecil saat dibawa oleh kedua orang tuanya melarikan diri ke Mesir (Mat. 2:13). Gereja ini dibangun pada abad ke-4 dan merupakan gereja tertua di Kairo. Ternyata, tidak jauh dari sana terdapat lokasi di mana bayi Musa ditemukan oleh putri Firaun (Kel. 2:10) dan untuk memperingati peristiwa tersebut dibangunlah Sinagoga Ben Ezra. Di sini juga tersimpan salinan Perjanjian Lama yang diperkirakan ditulis oleh Nabi Ezra.

Luar biasa, Tuhan melakukan perkara yang luar biasa mengenai lokasi ini; di mana putri Firaun menemukan Musa dan mengangkatnya dari air – yang akhirnya dikenal sebagai pembebas bangsa Israel keluar dari Mesir/ tanah perbudakan rupanya di sekitar tempat itu pula Yesus – sang pembebas manusia dari dosa juga pernah menginjakkan kaki-Nya. Saya percaya, segala peristiwa yang terjadi dalam kehidupan kita pun tidak ada yang kebetulan, semuanya telah diatur oleh TUHAN secara ajaib, sehingga apabila dengan seksama kita memperhatikannya sebenarnya Tuhan juga turut hadir dalam setiap peristiwa yang kita lalui.

Sore harinya menjelang malam, kami menuju ke arah Sungai Nil untuk menikmati makan malam di atas kapal pesiar sambil menyusuri Sungai Nil dengan Nile Cruise. Sekitar 2 jam bepesiar mengarungi Sungai Nil, semua rombongan ziarah yang dikoordinir oleh Rhema Tours berkumpul untuk makan malam bersama sambil menikmati iringan lagu-lagu nostalgia. Yang cukup menarik di kapal ini adalah ketika kami disuguhi tarian tradisional Mesir berupa tari putar.

Sekitar lebih dari 45 menit sang penari berputar-putar dengan pakaian khasnya yang ternyata juga dapat menyala hingga seluruh kostumnya pun diputar-putar. Sungguh, ini merupakan suguhan tarian khas Mesir yang sungguh unik!

Acara malam ini berakhir sekitar pukul 22.00 waktu setempat dan kami kembali ke hotel untuk beristirahat agar keesokan harinya dapat menempuh perjalanan selanjutnya.