Rutinitas VS Kesempatan

Posted: May 15, 2012 in Daily Devotion
Tags: , ,

20120515-021625.jpg

Tidak jarang seseorang mengeluh dengan rutinitas yang dijalani sehari-hari baik dalam pekerjaan maupun pelayanan. Apa yang dihadapi dalam rutinitas sehari-hari mungkin bagi kita tidak menghasilkan hal-hal yang terlalu penting untuk menjadi dampak bagi orang lain.

Mari kita ubah paradigma kita untuk menjadikan rutinitas menjadi sebuah kesempatan. Apapun yang sedang kita lakukan saat ini merupakan sebuah ‘modal’ bagi masa depan yang lebih baik. Perhatikan kehidupan Yusuf dalam Kej. 39:1-23.

Ketika menjadi budak di rumah Potifar, dia melakukan tugasnya dengan baik, tetap bergantung pada Tuhan sehingga Tuhan menyertai dia dan apapun yang dikerjakannya berhasil. Sikap hati Yusuf adalah tetap mengerjakan yang terbaik sekalipun menjadi seorang budak. Apakah hasilnya langsung terlihat? Seharusnya Yusuf bisa saja kecewa ketika akhirnya dia difitnah oleh isteri Potifar sehingga harus mendekam di penjara.

Menjalani kehidupan sebagai seorang tahanan di penjara tidak membuat Yusuf kehilangan tujuan hidupnya. Dia tetap melakukan yang terbaik sehingga kepala penjara memberikan tanggung jawab sebagai orang kepercayaannya. Tentunya, kita mengetahui akhir ceritanya bagaimana TUHAN mengangkat kehidupan Yusuf begitu tinggi hingga menjadi orang yang sangat berpengaruh di Mesir setelah Firaun.

Yusuf tidak memandang semua rutinitas yang dilakukannya baik sebagai budak maupun sebagai orang kepercayaan kepala penjara sebagai halangan dan membuatnya semakin jatuh terpuruk. Yusuf memandang segala rutinitas yang dijalaninya, dengan apapun keadaannya sebagai sebuah KESEMPATAN – suatu saat dia akan mengerjakan perkara-perkara yang lebih besar!

“Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.” (Kolose 3:23)

Selamat menjalani hari yang luar biasa!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s