Spiritual Training

Posted: May 17, 2012 in Daily Devotion
Tags: , , , , ,

20120517-013944.jpg
Seorang pelari meningkatkan staminanya dengan menambah jarak tempuh larinya. Seorang atlet angkat besi meningkatkan tenaganya dengan menambah beban. Secara rohani, kita pun perlu meningkatkan stamina rohani kita. Dalam 1 Timotius 4:7b-8, Rasul Paulus menuliskan, “Latihlah dirimu beribadah. Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang.”

Ibadah bukan merupakan sebuah rutinitas agamawi belaka. Rasul Paulus berpesan bahwa kita harus melatih diri kita beribadah atau menjalani latihan spiritual (spiritual training). Hal ini tentunya dilakukan saat kita bersaat teduh, memuji dan menyembah Tuhan, berdoa, maupun membaca dan merenungkan Firman-Nya. Seringkali paradigma kita mengenai ibadah adalah ibadah itu harusnya dilakukan di gereja atau di tempat ibadah tertentu. Padahal untuk melakukan latihan, kita tidak mesti berada di tempat pertandingan yang sebenarnya. Dalam latihan, yang diutamakan bukan kostum yang akan kita kenakan maupun tempat untuk kita berlaga. Yang diutamakan dalam latihan adalah ketika kita menempa diri kita untuk dapat meningkatkan stamina.

Mari kita tingkatkan stamina rohani dengan rajin-rajin melatih diri kita beribadah setiap hari secara berkala dan disiplin. Saya percaya, kapasitas iman kita akan semakin diperbesar dan otot-otot rohani kita akan semakin kuat apabila kita juga menambah skala latihan kita. Dengan terus melatih kerohanian kita, kita akan senantiasa sehat secara rohani (spiritually fit) dan siap menghadapi tantangan apapun.

Selamat menjalani hari yang luar biasa!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s