Taat dan Melayani DIA

Posted: June 22, 2012 in Daily Devotion
Tags: , , ,

Pagi ini, dalam penantian di Polonia International Airport untuk berangkat ke Manado saya merenungkan Firman Tuhan dari kitab Ayub 36:11 yang tertulis demikian, “Jikalau mereka mendengar dan takluk, maka mereka hidup mujur sampai akhir hari-hari mereka dan senang sampai akhir tahun-tahun mereka.” Ayat ini begitu kuat menarik perhatian saya dan sangat memberikan pencerahan bagi jiwa saya. Siapa yang tidak ingin memiliki hidup yang mujur dan senang senantiasa sampai akhir hayat? Ayat ini memberikan sebuah petunjuk bagi kita. Ada dua kata kerja di sini yang disinggung untuk mengalami hidup seperti itu, yaitu kata ‘mendengar’ dan ‘takluk’.

Di dalam salah satu terjemahan bahasa Inggris, ayat ini dituliskan demikian, “If they obey and serve Him, They shall spend their days in prosperity, And their years in pleasures.” (Job 36:11 NKJV). Kata ‘mendengar’ dan ‘takluk’ dalam versi ini dituliskan sebagai berikut:
1. Obey; taat
Menjalani kehidupan Kekristenan kita sehari-hari, kita belajar taat untuk mendengarkan dan melakukan semua perintah-Nya. Ketaatan kepada Tuhan kita tunjukkan dengan segenap hati untuk melakukan Firman-Nya tanpa menunda ataupun meragukannya. Selain itu, ketaatan kita kepada Tuhan juga dapat kita ekspresikan saat kita taat kepada pemimpin rohani yang meng-cover kehidupan kita di dalam Tuhan. Ketaatan akan menjadikan kita sebagai pribadi yang mudah dibentuk untuk dipakai menjadi alat bagi kemuliaan-Nya.

2. Serve Him; melayani Dia
Langkah kedua setelah ketaatan ternyata adalah melayani Dia. Mengapa dalam terjemahan bahasa Indonesia dituliskan kata ‘takluk’? Saya baru menyadari bahwa untuk melayani-Nya, kita harus sungguh-sungguh menaklukkan hati kita seturut dengan kehendak Tuhan yang kita sembah. Kita tidak dapat pilih-pilih pelayanan sesuai dengan apa yang kita sukai, namun kita melayani-Nya harus seturut dengan kehendak-Nya. Sudahkah kita melayani Dia dengan mengembangkan ketaatan maupun sikap hati yang telah takluk untuk dibentuk sesuai kehendak Tuhan? Saya percaya, Tuhan telah memberikan kita talenta yang dapat dikembangkan untuk melayani Dia. Bila Anda belum melayani Tuhan, mari membuat sebuah komitmen untuk melayani-Nya!

Saya percaya, apabila kita hidup dengan sikap hati yang taat untuk mendengarkan Firman-Nya dan melayani Dia dengan kesungguhan hati, hidup kita berada dalam pemeliharaan-Nya senantiasa; hidup mujur dan senang sepanjang masa. Selamat bearktivitas dan menjalani hari yang luar biasa!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s