Selamat Natal 2012

Posted: December 22, 2012 in Daily Devotion
Tags: , ,

20121222-233707.jpg

Tak terasa bulan Desember 2012 akan segera berakhir. Sepanjang bulan ini nuansa Natal mewarnai pusat-pusat perbelanjaan, toko-toko, kantor-kantor, sekolah-sekolah maupun gereja-gereja dengan berbagai dekorasi, paduan lampu warna-warni maupun senandung lagu Natal. Beberapa perayaan Natal pun digelar, baik dari persekutuan, kantor-kantor, sekolah maupun gereja. Ada damai di hati ketika satu sama lain saling berucap, “Selamat Natal!”.

Beberapa waktu yang lalu di kala sedang merenungkan Firman Tuhan, Roh Kudus menerangi hati saya dan menunjukkan ayat berikut;

Yang hatinya teguh Kaujagai dengan damai sejahtera, sebab kepada-Mulah ia percaya. Percayalah kepada Tuhan selama-lamanya, sebab Tuhan ALLAH adalah gunung batu yang kekal. (Yesaya 26:3-4)

Inilah janji Tuhan di balik setiap nuansa maupun perayaan Natal yang kita lalui bersama. Tuhan hendak menjagai umat-Nya dengan damai sejahtera! Dunia ini dipenuhi dengan peristiwa-peristiwa yang bisa saja membuat kita kuatir, takut, dan bimbang untuk melangkah. Firman Tuhan mengingatkan agar kita memiliki hati yang teguh, karena yang hatinya teguh Tuhan jagai dengan damai sejahtera. Apapun yang terjadi dalam kehidupan kita akhir-akhir ini, jangan sampai hal tersebut menggoyahkan iman kita. Apabila iman kita mulai goyah, maka kita akan dipenuhi dengan keragu-raguan serta mendua hati, sementara orang yang mendua hati tidak akan pernah tenang hidupnya (Yak. 1:8).

Ya Tuhan , Engkau akan menyediakan damai sejahtera bagi kami, sebab segala sesuatu yang kami kerjakan, Engkaulah yang melakukannya bagi kami. (Yesaya 26:12)

Tuhan Yesuslah yang menyediakan damai sejahtera bagi kita. Kita tidak perlu bingung mencarinya ke sana ke mari, sementara Tuhan Yesus sedang menanti kita di hadirat-Nya untuk melimpahi kita dengan damai sejahtera. Damai sejahtera yang datangnya dari Tuhan itu melebihi damai sejahtera yang ditawarkan oleh dunia. Damai sejahtera di dunia dipengaruhi oleh keadaan atau faktor luar. Apabila tidak ada pertikaian atau peperangan, barulah dikatakan damai sejahtera. Namun, berbeda dengan damai sejahtera sejati dari sorga. Damai sejahtera dari Tuhan Yesus tidak dipengaruhi oleh keadaan atau faktor luar. Sekalipun keadaan di sekitar kita diliputi keresahan, bahkan kekacauan di sekitar kita, namun damai sejahtera itu yang justru melindungi dan memberikan ketenangan di dalam batun sehingga tidak perlu menjadi takut.

Di bagian kedua dari ayat Yesaya 26:12 disebutkan bahwa, “sebab segala sesuatu yang kami kerjakan, Engkaulah yang melakukannya bagi kami.” Sebuah janji yang luar biasa! Apabila kita dapat mengerti akan hal ini; ya…! Damai sejahtera itu telah disediakan-Nya bagi kita; tahukah Anda bahwa salah satu gelar yang disandang oleh Tuhan Yesus adalah ‘Raja Damai’? Hal ini tertulis dalam Yesaya 9:5 sebagai berikut:

Sebab seorang anak telah lahir untuk kita,
seorang putera telah diberikan untuk kita;
lambang pemerintahan ada di atas bahunya,
dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib,
Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

Bukan saja menyediakan damai sejahtera bagi umat-Nya, namun Tuhan Yesus sang Raja Damai juga turut berkarya dalam segala pekerjaan kita. Segala sesuatu yang kita kerjakan, di balik itu semua sebenarnya TUHANlah yang melakukannya bagi kita; Dia yang sanggup untuk menyelesaikannya bagi kita demi kemuliaan Nama-Nya! Terpujilah nama Tuhan Yesus untuk selama-lamanya! Damai sejahtera dan sukacita Natal bagi kita bersama! Selamat Natal 2012!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s