Renungan Akhir Tahun 2012

Posted: December 30, 2012 in Daily Devotion
Tags: , ,

Di penghujung tahun ini, saya teringat sebuah lagu pujian sebagai berikut;

Lupakan yang t’lah lalu, mengarah pada tujuan
Dengan mata memandang Tuhan Yesus
Bertanding sampai menang, berlari sampai akhir
Tanggalkan s’gala beban yang merintangi

Ku mau setia ‘kan panggilan-Mu
S’bab Kau sanggup menjaga langkahku
Pada janji-Mu kupercaya
Kau ‘kan sempurnakan pekerjaan-Mu dalamku

Ya! Dia (Tuhan Yesus) akan menyempurnakan segala pekerjaan-Nya di dalam kehidupan kita! Di Gereja Mawar Sharon, kita telah mengalami penyertaan Tuhan selama 2 tahun berturut-turut dalam sebuah visi “the year of increase” (tahun peningkatan). Sesaat lagi, kita akan mengakhiri tahun 2012 dan memasuki tahun 2013 sebagai periode terakhir dari “the year of increase” ini. Dalam 2 tahun pertama “the year of increase”, banyak yang mengalami peningkatan demi peningkatan dalam hidupnya, baik dalam komitmen, pengetahuan (pengenalan akan Allah), maupun mukjizat serta mengalami terobosan dan berkat-berkat-Nya yang luar biasa. Namun, dalam penggembalaan yang saya temui, ada pula beberapa orang yang belum mengalami penggenapan janji Tuhan dalam hidupnya. Masih ada doa-doa yang belum terjawab, sakit-penyakit yang belum disembuhkan, dan pergumulan yang belum terselesaikan. Namun hal ini tidak mengubah kenyataan bahwa Tuhan Yesus tetap adalah Allah penyembuh, penjawab doa, dan juruselamat manusia. Tuhan mengetahui waktu yang paling tepat untuk menjawab doa dan menggenapi janji-janji-Nya bagi hidup kita!
“karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya.” (Filipi 2:13).
Tuhan sedang mengerjakan di dalam kita kemauan dan pekerjaan seturut kehendak-Nya, dan Dialah yang juga akan menyelesaikannya; menyempurnakannya di dalam kehidupan kita! Di saat kita sungguh-sungguh melibatkan Tuhan di dalam kehidupan kita, maka di dalam segala sesuatu yang kita kerjakan, sebenarnya Tuhanlah yang menyelesaikannya (Yes. 26:12)!

Memasuki periode ke-3 dalam “the year of increase” ini, Tuhan mengingatkan saya dalam sebuah ayat dalam Yesaya 37:30 sebagai berikut:

“Dan inilah yang akan menjadi tanda bagimu, hai Hizkia: Dalam tahun ini orang makan apa yang tumbuh sendiri, dan dalam tahun yang kedua, apa yang tumbuh dari tanaman yang pertama, tetapi dalam tahun yang ketiga, menaburlah kamu, menuai, membuat kebun anggur dan memakan buahnya.”

Di tahun pertama (2011), di kala pertama kali dasar visi “the year of increase” diletakkan, maka kita menikmati peningkatan dari visi yang mulai tumbuh di dalam hidup kita. Kita mulai bertumbuh dalam komitmen; baik terhadap Tuhan, gereja, keluarga, antar pasangan suami-istri, komunitas sosial, dan lain-lain. Selain itu, pengetahuan akan Tuhan juga semakin meningkat, kesadaran akan pengenalan akan Tuhan menuntun kita dalam dimensi-dimensi supranatural yang meningkatkan mukjizat demi mukjizat mulai kita alami, dimulai dari perkara-perkara yang sederhana dalam hidup sehari-hari. Di tahun kedua (2012), yang tumbuh dari tahun pertama, itulah yang dinikmati. Sepanjang tahun 2012 ini saya mendengar banyak kesaksian bagaimana kehidupan seseorang diubahkan, pernikahan yang semakin dipulihkan, pekerjaan yang diberkati, komitmen untuk meninggalkan dosa, dan pertobatan keluarga terjadi. Visi yang telah ditanamkan di tahun pertama juga semakin bertumbuh dan hasilnya dinikmati di tahun 2012!

Memasuki tahun ketiga (2013), ada 4 hal yang akan terjadi dalam tahun yang sama… dan tahun 2013 ini merupakan puncak dari tahun peningkatan. Dalam ayat 30 dari Yesaya pasal 37 disebutkan bahwa di tahun ketiga kita diperintahkan untuk menabur, menuai, membuat kebun anggur dan memakan buahnya. Di tahun yang sama, kita akan menuai apa yang kita tabur, karena itu mari lebih lagi kita menabur dalam Roh, karena barangsiapa menabur dalam Roh akan menuai hidup yang kekal, sementara yang menabur dalam daging akan menuai kebinasaan (Gal. 6:8). Disebutkan pula untuk membuka kebun anggur yang baru, merupakan area baru yang Tuhan akan percayakan bagi hidup pelayanan, pekerjaan, atau karir kita. Akhirnya, di tahun yang sama kita pun akan memakan buahnya; menikmati hasil dari sepanjang periode “the year of increase”!

Terimalah janji-janji Tuhan yang akan digenapi dalam kehidupan Anda. Doa saya, setiap kali Anda melibatkan Tuhan maka Tuhanlah yang akan menyelesaikan pekerjaan-Nya dengan sempurna dalam hidup Anda. Setiap kali peningkatan terjadi dalam hidup Anda, ucapkanlah syukur dan muliakanlah Tuhan! Tuhan Yesus telah menyertai kita sepanjang tahun 2012, demikian pula Dia akan menyertai kita memasuki sepanjang tahun 2013! Selamat tahun baru 2013!

Posted with WordPress for BlackBerry.

Comments
  1. betty says:

    Setiap kali kita melibatkan Tuhan dalam kehidupan kita, semua yang mustahil dilihat orang lain, tapi dapat dikerjakan oleh kita oleh karna Roh Kudus Bapa yang turut bekerja dalam hidup kita. Amen

    Like

  2. olivia says:

    Tuhan punya cara dalam setiap memberikan jalan keluar bagi perkara yang dihadapi umat-Nya, Tuhan tidak pernah tertidur, Dialah Bapa Yang Baik, Allah Yang Berkuasa.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s