Kerajaan-Mu Datanglah!

Posted: February 7, 2013 in Daily Devotion
Tags: , , , ,

20130222-210557.jpg

Dalam doa yang diajarkan Tuhan Yesus yang dikenal dengan doa “Bapa Kami”, salah satu bagian yang didoakan adalah “datanglah Kerajaan-Mu” (Mat. 6:10a). Kerajaan Allah bukanlah sebuah kerajaan fisik yang dapat ditemui di dunia ini. Dalam salah satu kutipan Surat Rasul Paulus kepada jemaat di Roma, dia menjelaskan bahwa, “Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus. (Roma 14:17)

Kerajaan Allah akan menguasai kehidupan kita apabila:
1. Kita tinggal dalam kebenaran Firman-Nya
Firman Allah itu hidup dan penuh kuasa! Dalam Surat kepada orang Ibrani 4:12 dituliskan bahwa, “Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua mana pun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.”
Mulailah bersekutu dengan Firman Tuhan yang penuh kuasa, dengan setiap hari membaca, merenungkan, dan memperkatakannya. Saat kita membaca Firman Tuhan, bukan berarti keadaan akan berubah dalam sekejab, namun membaca Firman Tuhan akan membuat kita memiliki cara pandang Tuhan terhadap keadaan yang sedang kita alami.

2. Beroleh damai sejahtera dalam Yesus
Damai sejahtera yang berasal dari dunia ini dipengaruhi oleh keadaan sekitar. Seseorang akan berkata bahwa suatu situasi damai dan sejahtera apabila semua kondisi dalam keadaan aman, terkendali, tidak dalam intimidasi teror, peperangan, dan lain-lain. Namun, berbeda dengan ucapan Tuhan Yesus dalam Yohanes 16:32-33, “Lihat, saatnya datang, bahkan sudah datang, bahwa kamu dicerai-beraikan masing-masing ke tempatnya sendiri dan kamu meninggalkan Aku seorang diri. Namun Aku tidak seorang diri, sebab Bapa menyertai Aku. Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia.” Ucapan Yesus mengenai damai sejahtera sangat bertolak belakang dengan kondisi yang dihadapi. Peristiwa ini terjadi setelah peristiwa Yesus membasuh kaki murid-murid-Nya dan sebelum Yesus ditangkap untuk diadili. Waktu itu, Yesus dan murid-murid berada dalam situasi dibenci serta menerima banyak ancaman oleh ahli-ahli Taurat dan orang Farisi serta orang-orang yang membenci pengajaran-Nya. Namun, Yesus mengajarkan apabila kita beroleh damai sejahtera dalam Dia, maka damai sejahtera kita tidak tergantung dengan situasi di sekitar kita. Sekalipun kita berada di bawah ancaman, kondisi yang penuh kekacauan, kepanikan, bahkan situasi perang sekalipun, damai sejahtera di dalam Yesus akan menjaga kita tetap tenang.

“Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah.” (Kolose 3:15 TB)

3. Memiliki sukacita oleh Roh Kudus
Salah satu peranan Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya adalah memberikan sukacita, karena Dia adalah Penghibur (Yoh. 14:26). Sukacita juga merupakan salah satu buah Roh seperti yang dituliskan dalam Gal 5:22. Sukacita akan memberikan kekuatan kepada kita, “; for the joy of the Lord is your strength.” (Nehemiah 8:10 KJV).
Sukacita oleh Roh Kudus tidak tergantung oleh situasi menyenangkan di sekitar kita. Biasanya, kita akan bersukacita apabila kita sedang menghadapi keadaan yang menyenangkan, menerima berkat, promosi, penggenapan janji Tuhan, dan lain-lain. Kita cenderung sedih ketika menghadapi situasi sulit, tantangan, dan penderitaan. Namun baik kita belajar dari jemaat Makedonia sewaktu menghadapi pencobaan. Demikian surat yang dituliskan oleh Rasul Paulus,
“Selagi dicobai dengan berat dalam pelbagai penderitaan, sukacita mereka meluap dan meskipun mereka sangat miskin, namun mereka kaya dalam kemurahan.” (2 Kor. 8:2).

Saya percaya, kehadiran Tuhan Yesus dalam kehidupan kita adalah agar Kerajaan-Nya bertakhta di dalam hati kita! Seperti yang pernah diucapkan oleh Tuhan Yesus dalam Mat. 4:17 sebagai berikut, “Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!” (Mat. 4:17), sungguh Kerajaan-Nya sudah dekat dan biarlah kita senantiasa tinggal di dalamnya! Selamat menjalani hari yang luar biasa!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s