Pokok Anggur Yang Benar

Posted: March 1, 2013 in Daily Devotion
Tags: , , ,

20130302-231425.jpg

Dalam Injil Yoh. 15:1, Tuhan Yesus mengumpamakan diri-Nya sebagai “pokok anggur yang benar”. Di ayat kedua, digambarkan dua tipikal kehidupan orang Kristen; yaitu bagaikan ranting yang tidak berbuah dan ranting yang berbuah. Seseorang dikatakan seumpama ranting yang tidak berbuah apabila dalam kehidupannya tidak lagi mengalami perubahan ke arah yang lebih baik atau stagnasi. Setiap orang beriman perlu terus-menerus berubah dalam kehidupannya agar semakin menjadi serupa dengan Kristus. Memang, pada awal ketika seseorang menerima Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat, perubahan mulai terjadi dalam kehidupannya. Namun tidak cukup hanya di masa lalu saja kita mengalami perubahan; hingga saat ini pun kita perlu diubahkan agar menjadi pribadi yang semakin serupa dengan Kristus. Saat seseorang mulai mengalami stagnasi dalam hidupnya, maka dia akan semakin kehilangan hubungan intim dengan Tuhan yang mengakibatkan mulai kompromi dengan dosa, bahkan terikat dengan dosa, dan kemungkinan murtad. Tipikal kehidupan rohani seperti inilah yang akan ‘dipotong’ oleh Tuhan Yesus.

Sementara itu, bagi orang percaya yang diumpamakan seperti ranting berbuah adalah tipikal kehidupah rohani yang terus bertumbuh dewasa hingga menghasilkan buah yang matang. Menjadi pribadi yang dewasa bukanlah akibat faktor usia dan seberapa lama seseorang telah menjadi Kristen. Pribadi yang dewasa adalaha seseorang yang memiliki komitmen kuat dan bertanggung jawab serta tidak mudah menyerah ketika menghadapi proses dalam hidupnya. Ranting yang berbuah akan dibersihkan-Nya (Ingg.: dipangkas). Agar semakin berbuah, maka kehidupan orang percaya akan semakin dibersihkan-Nya, ada beberapa area yang hendak dipangkas dari kehidupan kita, seperti yang tertulis dalam 1 Yoh. 2:15-16 yakni:
1. Keinginan daging, yaitu keinginan yang najis dan mengejar kesenangan berdosa serta hawa nafsu. Yang termasuk hal ini adalah perzinahan, dusta, mencuri, memfitnah, membenci orang lain, merancangkan hal yang jahat terhadap orang lain, dll);
2. Keinginan mata, yaitu keinginan akan hal-hal yang menarik bagi mata namun tidak berkenan kepada Tuhan. Contohnya adalah pornografi.
3. Keangkuhan hidup, yaitu sifat tinggi hati maupun sombong yang dapat muncul akibat terlalu berpusat kepada diri sendiri.

Untuk senantiasa berbuah, Tuhan Yesus berpesan:
1. “Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku. Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.” (Yoh. 15:4-5)
Apabila kita menjadikan Yesus sebagai pusat kehidupan kita dan kita senantiasa tinggal di dalam Dia dan Dia di dalam kita, niscaya kita akan semakin berbuah.
2. “Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar.” (Yoh. 15:6)
Tuhan Yesus juga memperingatkan bahwa ketika seseorang tidak lagi tinggal di dalam Dia, justru akan menjadi pribadi yang tidak berguna
3. “Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.” (Yoh. 15:7)
Kita akan menerima penggenapan janji-janji Tuhan apabila kita tinggal di dalam Dia dan Firman-Nya juga tinggal di dalam kita. Jangan salah artikan ayat ini dan hanya memperhatikan di bagian akhirnya yang menyebutkan bahwa ketika kita meminta apa yang dikehendaki maka akan menerima. Janji ini berlaku apabila kita sungguh-sungguh tinggal di dalam Yesus dan bersekutu erat dengan Firman-Nya. Firman Tuhan akan tinggal di dalam kehidupan kita apabila kita rajin membaca, merenungkan, memperkatakan, maupun melakukannya.
Selamat menjalani hari yang luar biasa!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s