Sebuah Pencarian Ide

Posted: March 2, 2013 in Sundries
Tags: , , , , , ,

Saya menyukai hal-hal yang kreatif, unik, dan orisinil. Dalam mendesain, menulis, mempresentasikan sesuatu, hingga mempersiapkan sebuah khotbah, saya ingin menampilkan sesuatu yang lain dari yang lain. Tahun 2013 ini, saya mempersiapkan sebuah event untuk memperingati hari ketika Tuhan Yesus wafat di kayu salib sekitar 2000 tahun yang lalu yang kita kenal dengan peristiwa Jumat Agung. Saya merindukan agar melalui peringatan akan peristiwa ini, banyak orang yang kembali kepada Yesus, atau bahkan ada orang-orang yang pertama kali menerima-Nya sebagai Tuhan dan juruselamat. Tahun lalu saya dan tim creative ministry ‘menghidupkan’ salah satu perumpamaan Tuhan Yesus dari Injil Lukas yaitu mengenai anak yang hilang dengan judul ‘LOST’; sebuah perpaduan antara drama, short movie, dan creative preaching. Setelah menyelesaikan event tersebut, Tuhan seolah-olah menginspirasikan sesuatu yang baru, unik, dan kreatif untuk ditampilkan dalam tahun ini.

Latar belakang saya semenjak kecil hingga duduk di bangku SMP seringkali terlibat dalam pementasan drama, baik dari drama yang sederhana tanpa percakapan dan hanya diiringi musik hingga drama yang menuntut pemerannya berekspresi, menghayati perannya dan menghafal percakapan dalam dialog demi dialog. Selain itu, saya juga menyukai dunia sinematografi dan juga membuat film amatir setelah lulus kuliah. Bagaimana mengoperasikan kamera, video editing, dubbing dan aransemen sebuah musik dalam film sempat saya pelajari dan saya merasa enjoy dengan hal-hal seperti ini. Sekalipun saat ini saya menjadi seorang gembala dan melayani sebuah jemaat lokal, namun bakat yang saya miliki tidak saya biarkan pudar begitu saja.

Terbersit sebuah pemikiran, mengapa tidak; latar belakang saya di bidang drama dan sinematografi bisa saya padukan dengan ide-ide kreatif yang saya miliki untuk menjadi sebuah penampilan khotbah yang unik, kreatif, dan orisinil. Dimulai dengan sebuah ide cerita, konsep dan pemahaman serta tujuan sebuah khotbah, saya mulai berdoa dan melakukan brainstorming. Istilah brainstorming ini saya peroleh semasa kuliah di Fakultas Seni Rupa dan Desain, kurang lebih artinya adalah proses pencarian ide dalam sebuah kelompok dan menuangkannya dalam bentuk coretan-coretan konsep di selembar kertas dengan membebaskan pemikiran kita dari keterbatasan-keterbatasan yang ada. Jadi, melalui proses ini kita akan menemukan sebuah gambaran dasar dari ide yang akan ditampilkan. Ide yang muncul untuk dibawakan dalam KKR Jumat Agung ini adalah sebuah peristiwa yang akan terjadi di akhir zaman ketika Tuhan Yesus datang untuk kali kedua. Gambaran awal untuk saya komunikasikan dalam tim creative saya tuangkan dalam bentuk rough desain, desain kasar atau thumbnail sebagai berikut.

Judul yang kami pilih bersama setelah melalui serangkaian diskusi adalah “The End of TIME”. Kami membuat alur ceritanya, mulai dari memilih para pemain-pemain utama maupun yang akan menjadi figuran. Sosok di bagian tengah desain awal ini adalah saya sendiri, sedangkan pemain-pemain pendukung lainnya diletakkan di bagian samping. Sekalipun desain finalnya mungkin tidak seperti yang saya gambarkan di atas, namun dari komposisi desain awal ini akan menuntun saya dan tim dalam pengembangan ide dan memantapkan desain akhirnya. Penasaran dengan apa yang akan kami tampilkan dalam KKR Jumat Agung kali ini? Nantikan update berikutnya di blog ini ya…

Posted with WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

