Bawalah Seseorang Kepada Yesus!

Posted: April 28, 2013 in Sermon
Tags: , , ,

20130428-235339.jpg

Mungkin jarang kita mengikuti kisah salah satu murid Yesus yang bernama Andreas. Biasanya, dengan cepat kita dapat menyebutkan beberapa nama murid Yesus seperti Petrus sang batu karang, Yakobus dan Yohanes yang dikenal sebagai anak-anak guruh, Thomas dikenal sebagai murid yang baru percaya setelah melihat, Matius mantan pemungut cukai dan Yudas yang mengkhianati Yesus. Andreas adalah murid Yesus yang pertama, sebelumnya dia adalah murid Yohanes Pembaptis. Semenjak Yohanes Pembaptis menyatakan bahwa Yesus adalah ‘Anak Domba Allah’, mulailah Andreas mengikut Yesus (Yoh. 1:36-37).

Andreas mula-mula bertemu dengan Simon, saudaranya, dan ia berkata kepadanya: “Kami telah menemukan Mesias (artinya: Kristus).” Ia membawanya kepada Yesus. Yesus memandang dia dan berkata: “Engkau Simon, anak Yohanes, engkau akan dinamakan Kefas (artinya: Petrus).” (Yohanes 1:41-42)

Hidup Seseorang Diubahkan
Yang dilakukan oleh Andreas setelah berjumpa dengan Yesus adalah membawa orang lain kepada Yesus. Dimulai dari saudaranya sendiri, Andreas membawa Simon kepada Yesus. Siapa sangka, ketika Andreas membawa Simon kepada Yesus, ini adalah awal bagi Simon untuk mengalami perubahan dalam hidupnya! Sebelum berjumpa dengan Yesus, Simon Petrus sama sekali tidak menyadari bahwa seharusnya dia menjadi penjala manusia, karena itu ia menjala ikan. Semenjak mengalami perjumpaan dengan Yesus, kehidupan Simon diubahkan, bahkan arah kehidupannya dibelokkan secara tajam. Namanya pun berubah. Simon memiliki arti “terombang-ambing, mudah goyah” dan Yesus memberinya nama baru: PETRUS yang artinya “batu karang”. Saat kita membawa seseorang kepada Yesus, siapa tahu suatu saat orang itu justru akan dipakai Tuhan luar biasa!

Mukjizat Pun Terjadi
Memang, Simon Petrus lebih banyak diceritakan dalam kisah Injil. Petrus menjadi pribadi yang sangat menonjol dalam pelayanannya saat mengiring Yesus. Namun, apakah Andreas menjadi iri dengan Petrus? Tidak, bahkan dia terus membawa orang lain kepada Yesus. Dalam Yohanes pasal 6, kalau Anda ingat cerita tentang Yesus memberi makan 5000 orang dengan 5 roti jelai dan dua ekor ikan… Siapa yang menuntun anak kecil yang membawa bekal makan siangnya pada Yesus? Andreaslah yang melakukannya. Mungkin dia tidak bisa menjadi jawaban untuk memuaskan sekitar 5000 orang yang sedang kelaparan. Akan tetapi, Andreas memiliki hati untuk membawa seseorang kepada Yesus, seorang anak yang membawa lima roti dan dua ikan pun dibawanya kepada Yesus. Selanjutnya, Yesus yang melakukan mukjizat sehingga semua orang kenyang dan tersisa makanan sebanyak dua belas bakul. Mungkin kita tidak bisa menjadi jawaban atau solusi bagi kesulitan orang lain, namun saat kita membawa orang tersebut kepada Yesus, percayalah bahwa Yesuslah yang sanggup melakukan mukjizat bagi orang itu!

Yesus Semakin Dimuliakan
Dalam Injil Yohanes pasal 12, menjelang hari raya dikisahkan beberapa orang Yunani hendak menjumpai Yesus melalui Filipus. Pada masa itu, merupakan hal yang kurang pantas bagi seorang rabi untuk menjumpai orang asing atau bangsa non-Yahudi. Filipus tidak langsung mempertemukan beberapa orang Yunani ini kepada Yesus, namun dibawanya kepada Andreas. Andreas, yang selalu memiliki hati untuk membawa siapa saja untuk menjumpai Yesus, mengabarkan hal ini kepada Yesus. Sebenarnya, Yesus diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel (Mat. 15:24). Selanjutnya, Anda perhatikan dalam Yoh. 12:23 Yesus mengatakan, “Telah tiba saatnya Anak Manusia dimuliakan.” Melalui niat Andreas untuk membawa banyak orang – bahkan orang asing – kepada Yesus mengakibatkan Yesus memberikan pernyataan luar biasa bahwa inilah saatnya… Yesus semakin dimuliakan! Semakin banyak kita membawa sesama kita kepada Yesus, entah orang tersebut dahulu pernah sungguh-sungguh di dalam Tuhan kemudian terhilang lagi, atau orang yang benar-benar ‘asing’ dengan Kekristenan… justru kita semakin memuliakan Tuhan Yesus! Mari, kita terus membawa seseorang kepada Yesus!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s