Makin Dewasa Makin Diberkati

Posted: May 7, 2013 in Daily Devotion
Tags: , ,

Suatu kali, saya memperhatikan kedua anak saya yang sedang bermain-main. Menyaksikan tingkah laku kedua anak perempuan saya, membuat saya tersenyum bahkan terbahak-bahak. Mereka bermain-main dan melakukan sesuatu layaknya orang dewasa. Lucu sekali tindakan mereka, mereka berjual beli dengan uang mainan, menggendong boneka bayi, alat masak mainan, dan sebagainya. Mereka memperagakan kehidupan bagaikan orang dewasa dengan beragam mainan mereka. Saat bermain dan memperagakan aktivitas yang biasanya rutin dilakukan oleh orang dewasa sehari-hari, sebenarnya juga mempersiapkan diri mereka untuk menggunakan alat-alat yang sebenarnya ketika mereka dewasa kelak. Saat ini, anak-anak masih belum mampu mengelola uang asli, misalnya; oleh karena itu mereka menggunakan uang mainan. Paling tidak, mereka sudah memahami untuk melakukan transaksi harus menggunakan uang. Suatu saat ketika mereka beranjak remaja nanti, saya akan mulai mempercayai sejumlah uang kepada mereka dalam jumlah yang sangat terbatas. Bila mereka sudah dapat mengelolanya dengan baik, saya akan mempercayakan jumlah yang lebih besar dan seterusnya.

“Ketika aku kanak-kanak, aku berkata-kata seperti kanak-kanak, aku merasa seperti kanak-kanak, aku berpikir seperti kanak-kanak. Sekarang sesudah aku menjadi dewasa, aku meninggalkan sifat kanak-kanak itu.” (1 Korintus 13:11)

Demikian saya menyadari pola ini terjadi juga dalam kehidupan rohani kita. Tuhan tidak langsung mempercayakan berkat yang begitu besar bagi kita, karena belum tentu kita dapat mengelolanya. Tuhan tahu waktu yang paling tepat untuk mencurahkan berkat-berkat-Nya bagi kita. Ketika kita masih kanak-kanak secara rohani, Tuhan belum mempercayakan kepada kita tanggung jawab, pelayanan, pengurapan, bahkan berkat yang seharusnya diterima oleh seseorang yang telah dewasa rohani. Kanak-kanak rohani cenderung menjadi tinggi hati dan belum siap mengelola tanggung jawab yang begitu besar dan kemungkinan besar akan mengalami kejatuhan. Namun, Tuhan akan menuntun kita untuk bertumbuh dan mempercayakan kita dimulai dari perkara-perkara kecil.

“Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar.” (Matius 25:21a)

Mari terus bertumbuh menjadi pribadi yang semakin dewasa di dalam Kristus. Seiring pertumbuhan rohani kita, Tuhan akan banyak mempercayakan ‘perkara-perkara kecil’ dalam hidup kita. Jangan anggap hal-hal seperti itu sebagai sebuah beban, namun pandanglah sebagai ‘latihan’, karena apabila kita kita setia, suatu saat kita akan diberi tanggung jawab dalam perkara yang besar. Sama seperti kedua anak saya saat ini bermain-main dengan uang mainan, suatu saat ketika mereka dewasa saya akan mempercayakan uang asli bagi mereka. Tuhan Yesus akan mempercayakan berkat yang semakin besar bagi umat-Nya yang terus bertumbuh menjadi dewasa rohani. Selamat menjalani hari yang luar biasa!

Posted with WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

