Harga sebuah Kesuksesan

Posted: May 8, 2013 in Daily Devotion
Tags: , , ,

Image

Semua orang ingin hidupnya sukses. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sukses ada kaitannya dengan keberhasilan dan keberuntungan. Sangat menyenangkan apabila kita bisa meraih prestasi dengan penuh keberuntungan, kemudahan, dan apapun yang kita kerjakan berhasil. Inilah kabar baik bagi kita semua. Tuhan semesta alam, pencipta umat manusia menghendaki agar kita menjadi pribadi yang sukses. Salah satu pemimpin besar bangsa Israel dalam Perjanjian Lama, yaitu Yosua bin Nun pernah menyampaikan perintah kepada umat Israel sebagai berikut, “Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.” (Yos. 1:8).

Tuhanlah faktor utama yang menentukan keberhasilan umat-Nya. Semakin kita mengenal-Nya, kita akan menyadari bahwa Pribadi yang Mahakuasa menghendaki kita menjadi orang-orang yang berhasil baik dalam pekerjaan, karir, rumah tangga, keuangan, studi, dan segala hal. Dengan jelas Yosua menekankan agar bangsa Israel memiliki pengenalan akan Tuhan secara pribadi dengan cara memperkatakan Firman-Nya dan merenungkannya siang dan malam. Ini artinya, saat mengawali aktivitas harian kita perlu berdoa dan mengandalkan Tuhan, secara pribadi mengisi hati dan pikiran kita dengan Firman-Nya. Percayalah, Firman Tuhan akan terlebih dahulu mendominasi pikiran kita sebelum pikiran kita dipenuhi dengan hal-hal lainnya. Firman Tuhan inilah yang juga akan mempengaruhi keputusan demi keputusan yang kita ambil sepanjang hari. Firman Tuhan akan menuntun kita agar bertindak hati-hati dalam segala aktivitas yang kita lakukan dan menjadikan apa yang kita perbuat berhasil serta keberuntungan selalu menyertai.

Tentu saja, tanpa usaha dan kerja keras, keberhasilan mustahil untuk dapat diraih. Frank Lloyd Wright (1867-1959), seorang arsitek Amerika yang sangat terkenal pada masanya dan menghasilkan karya arsitektur luar biasa; salah satunya adalah Guggenheim Museum di New York pernah mengatakan, “I know the price of success: dedication, hard work, and an unremitting devotion to the things you want to see happen.” . Kita menginginkan kesuksesan dan ingin mewujudkannya. Namun, sudahkah kita merencanakan kesuksesan tersebut? Ada harga yang harus dibayar untuk dapat menikmati kesuksesan. Harga sebuah kesuksesan adalah dedikasi yang diwujudkan dengan kerja keras dan pengabdian tak henti-hentinya terhadap hal-hal yang ingin kita lihat terjadi. Adakalanya perhatian kita dialihkan pada hal-hal yang menghambat kesuksesan. Karena terlalu mengejar harta dan kekayaan, keluarga menjadi terbengkalai. Sekalipun seseorang bisa menjadi begitu kaya namun hubungan dalam keluarga tidak harmonis, apakah  dapat dikatakan sukses? Kita perlu seimbang dalam kehidupan dalam keluarga dan pekerjaan. Ukuran kesuksesan bukanlah seberapa banyak uang yang kita miliki. Seorang yang sukses adalah orang yang berhasil mengamalkan kebajikan sesuai dengan perintah Tuhan dan menjadi berkat bagi sesamanya. Sudahkah Anda mempersiapkan diri Anda untuk menjadi sukses? Andalkan Tuhan senantiasa, fokus pada apa yang ingin Anda raih… dan terimalah kesuksesan dari Tuhan! Selamat menjalani hari yang luar biasa!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s