KENAIKAN YESUS MERUPAKAN BUKTI KASIH-NYA BAGI UMAT MANUSIA

Posted: May 9, 2013 in Daily Devotion
Tags: , , , , , ,

20130509-065202.jpg

Salam sejahtera dalam kasih Tuhan! Hari ini, Kamis 9 Mei 2013 seluruh umat Kristiani di seluruh dunia memperingati Hari Kenaikan Tuhan Yesus Kristus ke Sorga. Peristiwa kenaikan Tuhan Yesus ini terjadi 40 hari setelah hari kebangkitan-Nya. Waktu itu, Yesus bersama murid-murid-Nya berkumpul di luar kota sampai dekat Betania. Dengan disaksikan murid-murid-Nya, Yesus terangkat ke sorga hingga awan menutup-Nya dari pandangan mereka. Mengutip pepatah lama, tertulis demikian: “Setiap kali ada perjumpaan, pasti ada perpisahan.” . Benarkah kenaikan Tuhan Yesus ke sorga merupakan tanda perpisahan antara Dia dengan umat-Nya? Apakah sebagai umat Tuhan kita tidak akan pernah menjumpai-Nya lagi?

Kehadiran Roh Kudus
Mengutip perkataan Tuhan Yesus dalam Injil Yohanes 16:7 tertulis demikian, “Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.”. Tuhan Yesus pernah berpesan mengenai kepergian-Nya, yaitu mengenai pengangkatan-Nya suatu saat kelak ke sorga. Dampak pelayanan Tuhan Yesus pada waktu itu hanya menjangkau daerah Israel dan sekitarnya. Sebagai Anak Manusia yang benar-benar 100% manusia (sekaligus 100% Pribadi Allah), pelayanan Tuhan Yesus terbatas dengan tubuh kemanusiaan yang dikenakan-Nya. Untuk menjangkau seluruh umat manusia di seluruh muka bumi ini agar mengalami kasih-Nya, perlu Pribadi yang tidak dibatasi dengan tubuh manusia yang fana. Pribadi inilah yang disebut sebagai Roh Kudus; Roh Kebenaran, Sang Penghibur.

Dalam pengajaran-Nya, Tuhan Yesus pernah memperkenalkan salah satu Pribadi dari Tritunggal yang Esa yaitu Roh Kudus kepada murid-murid-Nya. “Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu (Yoh. 14:16-17)”. Pada hari kelima puluh setelah hari kebangkitan-Nya, yang dikenal sebagai Hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di suatu tempat. Dalam Kisah Para Rasul pasal dua diceritakan bahwa saat itulah mereka menerima curahan Roh Kudus seperti yang telah dijanjikan oleh Tuhan Yesus sebelumnya. Roh Kudus akan menguatkan kehidupan orang percaya dan mengurapi setiap orang percaya untuk menjadi saksi Kristus di manapun mereka berada. Pelayanan Tuhan Yesus di muka bumi ini tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu, karena ada Roh Kudus yang tersebar di seluruh dunia untuk memperlengkapi orang-orang percaya dalam memberitakan kasih Tuhan.

Janji-Nya Di Masa Mendatang Hingga Kekekalan
Tuhan Yesus terangkat ke sorga bukan berarti Dia tidak akan kembali. Suatu saat Dia akan kembali dan pasti kembali ke dunia ini! Dalam Kis. 1:11 tertulis, “Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga.“. Tidak seorang pun tahu kapan masa dan waktu kedatangan-Nya, yang penting ialah kita terus menjaga hidup dan iman kita sesuai dengan kebenaran Firman-Nya. Di sorga, Tuhan Yesus menyediakan tempat bagi orang-orang percaya (Yoh. 14:3). Itulah makna Kenaikan Tuhan Yesus, Dia naik ke sorga sebagai bukti kasih-Nya bagi umat manusia, agar semua orang memperoleh penghiburan dan kekuatan yang baru dari Roh Kudus. Sementara, di sorga Dia mempersiapkan tempat bagi kita yang sunggguh-sungguh percaya kepada-Nya. Suatu saat nanti, Dia akan datang kembali ke dengan cara yang sama seperti Dia naik ke sorga. Selamat memperingati kenaikan Tuhan kita Yesus Kristus ke sorga! Maranatha!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s