Dropbox: Mengakses File Kita di Mana Saja

Posted: May 11, 2013 in Sundries
Tags:

20130511-233204.jpg

Di artikel serba-serbi ini saya ingin sedikit berbagi pengalaman saat menggunakan Dropbox. Pertama kali saya menggunakan teknologi penyimpanan di ‘awan’ ini mulai semester kedua tahun 2010. Waktu itu, harddisk laptop yang saya gunakan tiba-tiba bermasalah. Semua data hilang, baik data yang bagi saya amat penting, maupun file-file foto dokumentasi yang saya simpan dalam beberapa folder di laptop saya karena belum sempat di-backup ke DVD. Sungguh, peristiwa ini sempat membuat saya begitu campur aduk dengan perasaan sedih, menyesal, dan… tidak tahu harus berbuat apa. Sedihnya karena semua data hilang, sekalipun beberapa file penting sudah sempat di-backup, juga menyesal karena sebelumnya tidak sempat untuk mem-backup semua data ke DVD. Sebelumnya, memang beberapa teman saya pernah memberi tahu tentang teknologi Dropbox sehingga file-file di komputer kita bisa disinkronisasi dan disimpan di ‘awan’ dunia maya. Saya rasa, inilah waktu yang tepat untuk mulai menggunakan teknologi Dropbox.

Membuat account Dropbox
20130511-232954.jpg

Pertama kali, cukup ketik www.dropbox.com dan ‘Sign up’ sebagai user/ pengguna baru dengan mengisi nama, alamat email (yang berikutnya akan dikenal sebagai user), password/ kata sandi yang akan digunakan dan klik kotak ‘I agree to Dropbox Terms atau ‘Menyetujui Ketentuan Dropbox”. Layanan Dropbox ini gratis, sehingga kita bisa menyimpan semua file foto, dokumen, video, dan lain-lain dan mengunduhnya di mana saja. Begitu Anda mendaftar account Dropbox ini, secara otomatis Anda akan memperoleh kapasitas ruang penyimpanan di website Dropbox atau yang saya sebut ‘awan’ ini sebesar 2 MB.

Instal Aplikasi Dropbox di komputer Anda
Setelah Anda sign in di Dropbox, langkah berikutnya adalah menginstal Aplikasi Dropbox di komputer Anda. Klik panah di samping username Anda di sudut kanan atas layar, lalu akan muncul option ‘Install’. Berikutnya, Anda dapat download aplikasi dan instal pada komputer. Setelah aplikasi terinstal di komputer, Anda dapat menemukan folder baru ‘My Dropbox’. Di folder inilah Anda dapat meletakkan semua file yang ingin disinkronisasi ke Dropbox dan disimpan sebagai backup. Sekalipun Anda terpisah dengan komputer Anda, di manapun Anda berada – asal ada jaringan internet – Anda dapat mengunduh file yang Anda simpan tadi. Namun, ingat… untuk awalnya Anda hanya memperoleh kapasitas ruang penyimpanan sebesar 2 MB. Semua file yang kita simpan di folder ‘My Dropbox’ akan disinkronisasikan di ‘awan’. Saat file sedang tersinkronisasi, akan muncul ikon warna biru di ikon file, sementara bila sudah tersinkronisasi akan muncul ikon warna hijau.

Menambah Kuota Ruang Dropbox secara Gratis
Ada beberapa cara untuk memiliki ruang lebih besar sebagai berikut:
20130511-233527.jpg

Get Started/ Persiapan Menggunakan Dropbox
Langkah awal untuk menggunakan Dropbox, kita akan memperoleh bonus ruang 250 MB apabila kita menyelesaikan minimal 5 langkah saja dari 7 langkah persiapan sebagai berikut:
20130511-233804.jpg

Mereferensikan Teman Anda menggunakan Dropbox
20130511-234231.jpg
Ajak teman Anda bergabung dan dapatkan tambahan kuota ruang penyimpanan secara GRATIS, bahkan melebihi kuota standard 2 MB yang telah kita peroleh. Kita bisa mengundang teman bergabung dalam Dropbox melalui email atau social networking kita (seperti facebook, twitter), lalu apabila teman kita bergabung ke Dropbox dan menginstal aplikasi Dropbox, maka kita akan memperoleh bonus 500 MB per orang. Semakin banyak yang bergabung ke Dropbox dan menginstal aplikasi di komputernya karena rujukan/ referensi Anda, maka semakin besar pula bonus ruang gratis yang akan Anda peroleh.

Bagaikan Membawa Flashdisk online ke manapun kita pergi
Hal ini pernah saya alami ketika pada bulan Maret 2012 lalu saya ke luar kota untuk berkhotbah. Biasanya, saya selalu membawa laptop untuk memastikan semua file Power Point yang saya siapkan bisa berfungsi dengan baik. Namun, pada waktu itu saya merasa telah menyiapkan presentasi dengan baik, filenya pun telah saya simpan di Dropbox. Untuk lebih meringankan barang bawaan di pesawat, saya memutuskan tidak membawa laptop dan menyalin filenya di flashdisk saja. Cukup ringan dan tidak merepotkan. Saya cukup membawa iPad dan handphone saja. Ketika saya telah mendarat di kota tujuan, entah mengapa ketika saya periksa kembali bawaan saya, flashdisk saya hilang! Sempat saya panik, namun saya teringat bahwa saya telah menyimpannya juga di Dropbox. Langsung saja, saya menyalakan iPad dan wala…! File saya yang sebelumnya telah tersinkronisasi dengan Dropbox berhasil saya peroleh kembali dan ‘menyelamatkan’ presentasi khotbah saya waktu itu.

File Sharing dengan kapasitas besar
Salah satu kelebihan Dropbox adalah bisa berbagi file dengan kapasitas yang besar (tergantung ruang yang kita miliki). Untuk berbagi file dengan orang lain, maka orang tersebut juga harus memiliki account Dropbox. Pernah suatu kali, saya mengirimkan file dengan ukuran yang cukup besar melalui attachment email. Saya harus menunggu cukup lama barulah file ini bisa terkirim, bahkan terkadang gagal terkirim berkali-kali. Dropbox menjadi salah satu solusinya. Saat file dengan kapasitas yang cukup besar hendak kita bagikan kepada seseorang, bahkan sampai di luar negeri sekalipun, cukup kita sinkronisasikan dengan Dropbox, klik kanan di mouse pada file yang hendak dibagikan lalu klik ‘share’ dan tujukan pada user Dropbox yang Anda tuju.

Menggunakan Dropbox secara mobile
Selain menginstal aplikasi Dropbox di komputer Anda, Anda juga menginstal aplikasinya secara mobile di gadget yang lebih sering kita bawa ke mana-mana secara mobile. Entahkah Anda pengguna Blackberry, iPad, maupun handphone dan tablet lainnya dengan OS Android, bisa menggunakan aplikasi Dropbox ini. Ke manapun kita pergi, kita selalu membawa file yang kita butuhkan dengan gadget kita, asalkan ada jaringan internet.

Sudahkah Anda menggunakan Dropbox hari ini? Bila Anda tertarik, saya mereferensikan Anda untuk bergabung dengan saya dalam Dropbox dengan klik link berikut ini: Bergabung dengan Dropbox. Akhir kata, selamat mensinkronisasikan file-file Anda di Dropbox.

Leave a Reply

