Kekuatan Sebuah Fokus

Posted: May 20, 2013 in Daily Devotion
Tags: , , , ,

20130520-171334.jpg

Saat kita berada di bawah teriknya sinar matahari, kita merasa panas itu begitu menyengat, bahkan seolah-olah hendak membakar tubuh kita. Namun, benarkah kulit tubuh kita sampai benar-benar terbakar? Dibutuhkan waktu yang lebih lama di bawah cahaya matahari sehingga kulit mulai mengelupas, tetapi tidak sungguh-sungguh terbakar. Apabila kita menggunakan lup atau kaca pembesar untuk memfokuskan cahaya matahari, posisi fokus cahaya dengan pancaran sinar yang mungkin begitu kecil, asalkan kita diam, tidak bergeser posisi maka tidak lama kemudian sinar matahari yang difokuskan melalui lup tersebut akan membakar objek yang disinari. Itulah kekuatan sebuah fokus. Tidak dibutuhkan cahaya matahari yang begitu luas untuk membakar sebuah objek, cukup dengan memfokuskan cahaya tersebut dengan media lup pada satu titik akan menimbulkan panas yang menjadi api untuk membakar sesuatu.

Hidup ini dipenuhi dengan begitu banyak pilihan. Setiap hari kita harus mengambil keputusan untuk melakukan sesuatu, bukan? Namun, yang perlu kita prioritaskan adalah tujuan atau sasaran yang ingin kita capai dalam hidup ini. Berarti kita perlu fokus. Untuk mencapai tujuan kita, tidak berarti kita harus bisa melakukan segala sesuatu dan menjadi serba bisa. Cukup fokuskan diri dengan bakat, kemampuan, atau talenta yang kita miliki. Hargai keluarga dan rumah tangga kita, serta jangan iri dengan atau menginginkan milik orang lain. Suatu ketika, seorang pria datang kepada saya untuk meminta nasihat dan doa untuk masalah keuangan yang dihadapinya. Ketika dia mulai terbuka untuk menceritakan masalah keuangannya, yang saya temukan bukan hanya hidup perekonomiannya yang bermasalah. Saya menemukan akar permasalahan yang dihadapi bermula dari dosa. Dosa merusak hubungannya dengan Tuhan dan orang lain. Dosa juga membuat fokus hidupnya menjadi kabur, bagaimana seseorang bisa melihat ke depan dengan jelas apabila pandangannya kabur? Dia akan mudah terjerembab ke dalam sebuah lubang, menabrak benda di depannya dan kehilangan arah. Dosa mengakibatkan serentetan masalah lain timbul dalam dirinya. Inilah yang dialami oleh seseorang yang tidak memiliki fokus.

“Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.” (1 Yohanes 1:9).

Mari kembali fokus kepada Tuhan Yesus. Dialah yang akan mengampuni dan menyucikan kita dari segala dosa dan pelanggaran, asalkan kita mau mengakui dosa kita dengan penuh penyesalan serta berkomitmen tidak akan melakukannya lagi. Pintu kasih karunia dan pengampunan-Nya masih terbuka lebar selama kita masih diberi kesempatan hidup di dunia ini. Selanjutnya, fokuskan diri Anda dengan orang-orang terdekat Anda, seperti pasangan hidup, anak-anak, orang tua, komunitas rohani maupun pekerjaan Anda. Hindari pengalih perhatian seperti orang lain yang menawarkan kenikmatan sesaat bagi Anda, hubungan yang tidak sehat melalui perzinahan; tetaplah fokus dan setia kepada pasangan Anda. Hindari jalan pintas untuk menjadi kaya dengan cara berjudi maupun menipu, melakukan penggelapan atau korupsi; fokus dengan pekerjaan Anda saat ini dan bersyukurlah. Hindari persaingan usaha yang tidak sehat, jangan sekedar membuka usaha hanya sekedar untuk ‘mematikan’ usaha orang lain dan dengan serakah menarik pelanggan. Fokus dan kembangkan perkara-perkara yang telah TUHAN sediakan bagi hidup Anda. Dengan memiliki fokus yang tepat dalam hidup Anda, Anda akan memiliki kekuatan lebih untuk menggapai cita-cita Anda. Suatu saat, Anda akan menikmati buahnya dalam kelimpahan. See you in the greater glory!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s