Kemenangan Sejati

Posted: June 23, 2013 in Daily Devotion
Tags: , ,

Kemenangan SejatiSebelum terlahir sebagai manusia, embrio yang terbentuk di dalam rahim seorang ibu berawal dari ratusan juta sel sperma seorang pria yang berusaha keras untuk bersaing menuju sel telur. Dalam menempuh perjalanan ini, ada yang gugur di tengah jalan, kehilangan arah ke sana kemari, hingga akhirnya tersisa beberapa dan… hanya satu sel sperma saja yang akhirnya ‘muncul sebagai pemenang’ untuk membuahi sel telur. Anda pun terlahir sebagai pemenang di dunia ini karena telah mengalahkan sekian ratus juta ‘calon’ penduduk dunia. Semua orang yang lahir di dunia memiliki karakter seorang pemenang, karena itu kita senantiasa terpacu untuk menjadi yang terbaik dan menjadi posisi teratas atau peringkat pertama.

Jadilah yang terbaik!
Sebagai bibit unggul yang terlahir di dunia ini, tentunya saya dan Anda dapat mencapai yang terbaik dalam aspek kehidupan yang telah Tuhan percayakan bagi kita, baik dalam hubungan keluarga, pekerjaan, karir, bisnis, keuangan, dan sebagainya. Ya, untuk menjadi yang terbaik kita harus menyadari bahwa potensi ‘terbaik’ itu telah ada dalam diri kita, karena sudah menjadi bawaan lahir. Dengan penuh tanggung jawab, kita juga perlu terus mengembangkan potensi tersebut dengan belajar, tekun, berusaha sampai bisa dan melakukan segala sesuatu dengan teliti. Sebuah perusahaan memperoleh penghargaan terbaik karena memberikan pelayanan yang terbaik, baik bagi karyawannya maupun bagi pelanggannya; bukan sekedar sehat secara keuangan belaka atau karena berhasil mengejar keuntungan setinggi-tingginya saja. Firman Allah juga memotivasi kita untuk melakukan yang terbaik sebagai berikut, “Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.” (Kol. 3:23). Apa yang dapat kita kerjakan bagi pencipta kita? Tentunya kita akan melakukannya sebaik mungkin, bukan? Sekalipun kita bekerja di antara manusia, lakukanlah yang terbaik seperti kita melakukannya untuk Tuhan.

Lebih dari pemenang
Semua yang terlahir di dunia ini adalah para pemenang! Hal ini dapat kita rasakan dalam seluruh peredaran darah maupun denyut nadi kita. Semangat untuk menang, gairah untuk berkompetisi, keinginan untuk bersaing, semuanya melekat di dalam jiwa kita. Kita diciptakan untuk mengalahkan dunia (1 Yoh. 5:4a)! Kemenangan yang kita raih hendaknya bukan untuk merugikan seseorang, persaingan yang kita menangkan bukan untuk mematikan usaha orang lain, menjadi juara dalam kompetisi juga bukan karena disulut oleh dendam. Jiwa seorang pemenang sejati adalah membangun, bukan merusak atau menghancurkan sesamanya. Kemenangan sejati pasti disertai oleh kasih. Orang-orang yang meraih kemenangannya atas dasar kasih adalah orang-orang yang lebih dari pemenang, seperti tertulis dalam Surat Rasul Paulus kepada jemaat di Roma sebagai berikut, “Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita.” (Rom. 8:37).

Dalam bidang kehidupan apapun yang sedang Anda jalani saat ini, seolah-olah berada dalam perlombaan lari menuju ke sebuah garis finish. Selama masih ada waktu dan kesempatan, pergunakanlah sebaik mungkin untuk meraih kemenangan. Adakalanya seseorang dapat mengalami kegagalan, namun jangan takut… kegagalan tidak membuat Anda menjadi seorang pecundang, bukan? Kegagalan merupakan rintangan yang harus dilewati oleh pemenang sejati. Raihlah kemenangan Anda dalam hidup ini! See you in the greater glory!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s