Kedewasaan di Dalam Kristus

Posted: July 25, 2013 in Daily Devotion
Tags: ,

Kedewasaan dalam KristusBill Gates, seorang tokoh yang sangat terkenal di bidang teknologi komputer pernah menuliskan sebuah kata-kata mutiara, “If you’re born poor, it’s not your mistake. But if you die poor, it’s your mistake.”. Kalimat ini memiliki pengertian bahwa apabila kita terlahir dalam keadaan miskin, hal itu bukanlah kesalahan kita. Namun, apabila kita meninggal dalam keadaan miskin, itu adalah kesalahan kita. Kita tidak bisa memilih kapan waktunya untuk terlahir di dunia ini, bahkan kita juga tidak bisa memilih di keluarga mana kita dilahirkan; apakah dalam kondisi berkelimpahan maupun berkekurangan, dalam kondisi normal atau dengan cacat bawaan baik secara badani atau mental. Bukanlah suatu kesalahan apabila kita terlahir dalam keadaan miskin, tidak berdaya, dan tidak memiliki apa-apa. Namun, di balik kelahiran semua umat manusia di bumi ini, Tuhan memiliki rencana yang luar biasa.

Dari latar belakang apapun Anda dilahirkan, bersyukurlah! Jangan memiliki perasaan iri terhadap orang-orang yang terlahir dalam keadaan yang lebih beruntung di mata Anda. Semua orang memiliki jalan hidupnya masing-masing. Belum tentu seseorang yang terlahir dalam keadaan yang sangat baik akan menjalani hidupnya dengan baik, penuh keberuntungan, kekayaan, dan kehormatan. Bisa jadi, akibat salah perhitungan dan tidak bijaksana dalam menjalani kehidupan, justru malapetaka dan nasib yang menimpanya. Kita tidak pernah tahu bilamana kehidupan ini berakhir, namun selama masih ada kesempatan hidup di dunia ini, berarti masih ada kesempatan untuk menjadi lebih baik. Salah satu cuplikan kisah dalam Perjanjian Lama dituliskan kisah mengenai Yabes. Dia adalah seorang pemuda yang terlahir dalam kondisi ibunya yang kesakitan. Makna nama ‘Yabes’ pun menyiratkan perasaan sakit sang ibu. Namun, Yabes tidak membiarkan kondisi itu untuk mempengaruhi kehidupannya. Dalam 1 Tawarikh 4:10 dituliskan, ‘Yabes berseru kepada Allah Israel, katanya: “Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah dan memperluas daerahku, dan kiranya tangan-Mu menyertai aku, dan melindungi aku dari pada malapetaka, sehingga kesakitan tidak menimpa aku!” Dan Allah mengabulkan permintaannya itu.

Berserah dan Berdoa
Nasib Yabes mengalami perubahan yang drastis semenjak mengandalkan Tuhan dan dengan kesungguhan hati berdoa. Allah mengabulkan doanya dan menjadikan hidup Yabes diberkati berlimpah-limpah, daerahnya diperluas, terlindung dari malapetaka dan tidak mengalami kesakitan seperti yang melekat pada arti namanya. Tuhan ingin agar dalam hidup ini Anda mengalami keutuhan hidup; menjadi pribadi yang semakin matang atau dewasa di dalam Dia. Langkah pertama, serahkan hidup Anda pada Tuhan dan sungguh-sungguhlah berdoa agar Tuhan menyertai langkah hidup Anda. Anda dapat mempraktikkan doa seperti Yabes.

Ketekunan
Anda perlu mengetahui bahwa Anda adalah ciptaan Tuhan yang unik, Anda adalah satu-satunya diri Anda yang tidak ada duanya… dengan kata lain Anda adalah master piece Tuhan yang luar biasa! Untuk menjadi sebuah maha karya yang luar biasa, seonggok batu yang berat, kasar, dan tidak jelas bentuknya harus mengalami proses pemahatan oleh seorang seniman. Melalui proses pencobaan dan ujian di dunia ini, pribadi kita juga semakin dibentuk agar menjadi pribadi yang utuh. Yakobus menuliskan demikian, “sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun.” (Yak. 1:3-4). Langkah berikutnya, Anda perlu tekun dalam menghadapi ujian kehidupan, agar Tuhan membentuk Anda menjadi pribadi yang menjadi semakin dewasa di dalam Kristus. Mari terus jalani proses demi proses dengan penuh ketekunan. Kata ‘ketekunan’ dalam tertulis dalam text aslinya dalam bahasa Yunaninya sebagai ‘hupomone’ yang berarti tetap berdiri atau tegak sekalipun dalam tekanan. Ketekunan seperti inilah yang akan menuntun kita menjadi pribadi yang matang atau dewasa. Kedewasaan di dalam Kristus akan menjadikan hidup kita sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun. See you in the greater glory!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s