Jaga Pikiran Anda!

Posted: September 17, 2013 in Daily Devotion
Tags: , , , , ,

20130917-114207.jpg

Semua manusia yang hidup di atas muka bumi ini dianugerahi akal budi oleh Tuhan yang telah menciptakan kita, sehingga itulah yang membedakan kita dari makhluk hidup lainnya, baik itu hewan maupun tumbuhan. Akal budi yang dimiliki oleh manusia memungkinkan kita untuk memiliki daya pikir, daya ingat, maupun imajinasi dengan tingkat kecerdasan yang tiada bandingannya sekalipun di masa kini banyak bermunculan teknologi-teknologi canggih buatan manusia. Salah satu kemampuan manusia yang sangat luar biasa adalah kemampuannya untuk berpikir. Hingga saat ini, belum pernah ada teknologi yang memungkinkan seseorang dapat membaca pikiran sesamanya. Daya pikir manusia diciptakan oleh Tuhan begitu rupa sehingga hanya Tuhan saja dan orang itu sendiri yang dapat mengetahui isi pikirannya.

Pikiran berasal dari hati
Apa yang Anda pikirkan saat ini dipengaruhi oleh kondisi spiritual di dalam hati Anda, sehingga pikiran Anda juga dapat mempengaruhi keputusan yang akan Anda ambil hari ini. Hati yang dimaksud di sini adalah ‘sesuatu yang ada di dalam tubuh manusia yang dianggap sebagai tempat segala perasaan batin dan tempat menyimpan pengertian’ (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Di dalam hati inilah yang menentukan apa yang terpancar keluar dari seseorang. Dalam Injil Matius 15:19, Tuhan Yesus pernah memperingatkan, “Karena dari hati timbul segala pikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu dan hujat.”. Apabila kondisi hati kita sedang ‘jauh’ dari Tuhan, pikiran kita akan mudah dipengaruhi oleh hal-hal yang negatif seperti kekuatiran, hawa nafsu, kejahatan, dan dosa. Keputusan apapun yang akan kita ambil juga bergantung pada pikiran kita.

Memelihara kondisi spiritual
Mari kita berusaha untuk membenahi hati kita, dimulai dengan menyadari kelemahan-kelemahan diri kita dan segala kecenderungan dosa yang kita miliki lalu kita serahkan kepada Tuhan. Hanya Tuhan Yesus yang sanggup mengampuni segala dosa dan kesalahan kita serta mampu memberikan kekuatan agar kita senantiasa menang terhadap pencobaan-pencobaan dunia. Kita perlu menjaga kondisi spiritual yang senantiasa tunduk akan kehendak Roh dan menjauhi keinginan-keinginan daging. Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera (Roma 8:6). Dengan memelihara kondisi spiritual tetap berkenan kepada Tuhan, akan menjadikan segala keputusan yang akan kita ambil hari ini tetap berada di dalam kehendak-Nya dan mendatangkan damai sejahtera bagi kehidupan Anda!

Menjaga Pikiran
Pikiran adalah medan pertempuran bagi segala sesuatu yang dapat mempengaruhi diri kita, entah itu positif maupun negatif. Sekalipun kondisi spiritual kita dalam kondisi yang baik, tetap pikiran ini perlu dijaga. Apabila tidak dijaga dengan baik, pikiran kita bisa menjadi celah bagi masuknya hal-hal yang bertentangan dengan kebenaran Firman Tuhan. Oleh karena itu, pikiran kita perlu diisi dengan pengetahuan akan kebenaran Firman Tuhan dan memikirkan hal-hal yang sesuai isi hati-Nya. Dalam Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Filipi 4:8 dituliskan, “Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.”
See you in the greater glory!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s