Welcome 2014

Posted: January 6, 2014 in Daily Devotion
Tags: , , , , ,

20140222-091249.jpg

Happy New Year 2014, selamat memasuki tahun yang baru dengan pengharapan yang senantiasa diperbaharui dalam Tuhan Yesus Kristus. Hendaklah kita senantiasa di dalam kondisi menanti-nantikan Roh Kudus dalam kehidupan kita, karena di dalam penantian akan Dia, ada kekuatan yang baru! Inilah yang saya renungkan sewaktu pergantian tahun. Secara sederhana, agar mudah mengingatnya untuk sepanjang tahun saya menyingkatnya sebagai “3S”, mari kita pelajari.

1. Selaras dengan Firman-Nya
“Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.” (Yos. 1:8)
Untuk menempuh perjalanan hidup sepanjang tahun ini, biarlah Firman Tuhan yang menuntun kita. Keputusan yang hendak kita ambil dan tindakan kita hendaknya selaras dengan Firman Tuhan. Firman Tuhan akan membimbing kita untuk menikmati keberhasilan demi keberhasilan dan juga keberuntungan.

2. Sepakat
Kesepakatan perlu dibangun dan disengaja, baik dengan pasangan (suami-istri), orang tua dan anak, keluarga, anggota CG, rekan kerja, rekan bisnis, maupun atasan dan bawahan. Kerjakan visi bersama di 2014 ini, sepakat dengan visi gereja, khususnya saat kita memasuki periode kedua dari “the year of Maturity and Multiplication”. Kematangan dan Multiplikasi merupakan visi Tuhan bagi kehidupan Anda. Sepakat dengan Firman-Nya, maka Dia yang akan menggenapinya dalam kehidupan kita. Bukan sekedar sibuk dengan urusan rumah tangga atau pribadi saja, namun prioritaskan keluarga kita untuk dapat melayani Tuhan dan membangun Rumah-Nya – membangun visi gereja – agar perkenanan Tuhan melimpah dalam kehidupan kita.

3. Semangat
Semangat bukan sekedar perasaan, namun dinyatakan melalui tindakan dan perkataan. Dalam Injil Yoh. 14:26 tertulis, “tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.” Kata ‘Penghibur’ dari bahasa aslinya tertulis sebagai ‘Parakletos’ yang memiliki: pendamping, pembela, pemberi nasihat, pendukung, pemberi semangat! Roh Kuduslah pemberi semangat dalam hidup kita sebagai orang percaya.

Saya sedikit pengalaman pribadi mengenai hal ini. Hampir sepanjang waktu saya selalu berjumpa dengan orang lain yang berbeda pandangan, berbeda pola pikir maupun pola kerja dan seringkali terlibat dalam kerja sama. Dalam beberapa situasi, saya akan menemukan hal-hal yang tidak memuaskan dari hasil kerja mereka. Mulanya, mulai banyak masukan-masukan saya berikan dengan nada sinis dan menunjukkan ketidakpuasan saya. Hal ini berlangsung terus-menerus namun hingga suatu waktu saya tidak menemukan perubahan apapun. Hasil yang didapat tidak memuaskan, bahkan sempat mengecewakan. Setiap kali saya memikirkannya, selalu menjadi ganjalan di hati dan perasaan menjadi berbeban berat. Akhirnya, saya bawa di dalam doa dan Roh Kudus – Sang Penghibur; Sang Pemberi Semangat – memunculkan kata sederhana ini dari dalam batin saya, “Semangat… semangat!!!”

Saya mempelajari hal yang baru. Di saat kita menunjukkan ketidakpuasan kita terhadap kinerja seseorang dan hasil karya orang lain kemudian kita menyampaikannya dengan emosional, sebenarnya kita sedang membagikan emosi yang negatif. Emosi negatif yang diterima oleh orang tersebut akan mempengaruhi dirinya sehingga apapun yang dilakukannya menjadi tidak lebih baik. Namun, kali ini saya mengubah perilaku saya. Roh Kudus telah memberi semangat bagi saya. Setiap kali saya berjumpa dengan rekan-rekan kerja saya, kali ini saya tidak menunjukkan ketidakpuasan terlebih dahulu terhadap hasil yang ada, saya memberikan senyuman dan benar saja… tetap saja ada hal-hal yang tidak memuaskan menurut saya dan… saya memberi mereka semangat! Semangat untuk memperbaiki pekerjaan yang tidak memuaskan, semangat untuk bekerja lebih rajin, semangat untuk lebih rapi, lebih bersih dan semangat untuk melakukan yang terbaik! Hasilnya, saya tidak lagi membagikan emosi yang negatif, melainkan emosi positif yang saya bagikan kepada mereka rupanya mendorong mereka untuk melakukan pekerjaan dengan hasil yang lebih baik, bahkan… TERBAIK!

Selaras, Sepakat, Semangat dalam memasuki dan menjalani 2014! See you in the greater glory!

Leave a Reply

